Rabu, 09 Februari 2011

Perkembanagan Kognitif
Otak
Daerah dan Sel Otak
Jumlah dan ukuran saraf otak terus bertambah setidaknya samapi usia remaja. Beberapa penambahan ukuran otak juga disebabkan oleh myelination, sebuah proses dimana banyak sel otak dan sistem saraf yang diselimuti oleh lapisan lapisan sel lemak yang bersekat-sekat.
Teori Vygotsky

Asumsi Vygotsky
Ada 3 klaim dalam inti pandangan Vygotsky (Tappan, 1998):

1. Keahlian kognitif anak dapat dipahami apabila analisis dan diinterpretasikan secara developmental
2. Kemampuan kognitif dimediasi dengan kata , bahasa dan bentuk diskursus, yang berfungsi sebagai alat psikologis untuk membantu dan mentransformasi aktifitas mental
3. Kemampuan kognitif berasal dari relasi sosial dan dipengaruhi oleh latar belakang sosialkultural.

Menerapkan Teori Piaget Untuk Pendidikan Anak
1. Gunakan pendekatan konstruktivis.
2. Fasilitasi mereka untuk belajar.
3. Pertimbangkan pengetahuan dan tingkat pemikiran anak.
4. Gunakan penilaian terus-menerus.
5. Tingkatkan kemampuan intelektual murid
6. Jadikan ruang kelas menjadi ruang eksplorasi dan penemuan

Scaffolding
Sebuah teknik untuk mengubah level dukungan. Dialog adalah alat penting dalam teknik ini di dalam ZPD (John-Steiner & Mahn, 1996; Tappan, 1998). Vygotsky menganggap anak punya konsep yang kaya tetapi tidak sistematis, tedak teratur, dan spontan.
Bahasa dan Pemikiran
Vygotsky (1962)percaya bahwa anak-anak menggunakan bahasa bukan hanya untuk komunikasi sosial, tetapi juga untuk merencanakan, memonitor perilaku mereka dengan caranya sendiri.

Perkembangan Bahasa
Apa itu bahasa ??
Bahasa adalah bentuk komunikasi , lisan maupun tertulis yang didasarkan pada sistem simbol. Semua bahasa manusia adalah generatif .Kualitas ini membuat bahasa merupakan kegiatan yang sangat kreatif .Bahasa yang diucapkan terdiri dari suara, atau fonem .

Bagaimana Bahasa Berkembang?
Penguasaan bahasa melewati beberapa tahap (Bloom, 1998; Foley & Thompson, 2002). Celoteh dimulai pada usia 3 samapi 6 bulan. Bayi biasanya mengucapkan kata pertamanya pada usia 10-13 bualn . Pada usia 24 bulan, bayi biasanya mulai memadukan dua kata. Pada tahap ini bayi dengan cepat memahami arti penting dari bahasa untuk berkomunikasi. Saat bayi menginjak usia kanak-kanak, pemahaman mereka terhadao sistem aturan bahasa mulai meningkat . Sistem aturan ini mencakup fonologi(sistem suara), morfologi(aturan untuk mengkombinasikan unit makna minimal) dan pragmatis(aturan penggunaan dalam setting sosial).

Teknologi dan Perkembangan Kosakata Anak
*Komputer
Menggunakan komputer untuk mendengar dan melihat cerita dapat menjadi bagian dari tugas membaca anak.
*Audiobooks
Audiobook mungkin bermanfaat bagi murid yang tertarik denganbidang tertentu (Casbergue & Harris, 1996)
*Televisi Pendidikan
Televisi pendidikan dapat digunakan untuk membantu anak mempelajari alfabet, melihat orang menggunakan kosakata dalam konteks yang berbeda-beda, dan mendengar cerita yang akan memotivasi anak untuk membaca cerita itu nanti (Lesser, 1989)

Apa hubungan Perkembangan bahasa dengan teknologi yang ada sekarang ini ?
Pembahasan ....

Bahasa yang ada sekarang ini sangat mempengaruhi teknologi yang ada ,karena kalau dari dulu sampai sekarang kita hanya bisa menguasai bahasa indonesia sedangkan semua teknologi kebanyakan menggunakan bahasa inggris maka kita tidak akan bisa sepenuhnya menggunakan teknologi yang memakai/ menggunakan bahasa asing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar