Keterampilan, apresiasi, dan penalaran manusia dengan semua variasinya, dan juga harapan, aspirasi, sikap, dan nilai-nilai manusia, umumnya diakui bahwa perkembangannya sebagian besar bergantung pada pristiwa yang disebut dengan belajar . ( Gagne, 1985, h. 1)
Tiga prinsip dari pembelajaran yng efektif yang disebutkan Gagne dalam analisis tugas latihan : (a) memberikan pembelajaran mengenai seperangkat tugas-tugas komponen yang diarahkan untuk membangun tugas final : (b) memastikan bahwa setiap tugas komponen dikuasai ; (c) sekuensi tugas komponen untuk memastikan transfer yang optimal ketugas final (Gagne, 1962a, 1962b)
Macam-macam Belajar
Lima variasi belajar yang dianggap oleh Gagne memenuhi kriteria yaitu :
- Informasi verbal
- Keterampilan intelektual
- Keterampilan motorik
- Sikap, dan
- Strategi kognitif
Lima variasi belajar ini merepresentasikan hasil belajar. Mereka adalah kapabilitas sebab mereka memungkinkan untuk membuat prediksi berbagai macam contoh kinerja oleh pembelajar (Gagne & Bringgs, 1979, h 51). Sebaliknya, strategi kognitif mencakup kapabilitas yang mengontrol belajar, mengingat, dan berfikir.
Selain jenis-jenis belajar, Gagne (1977, 1985) mengidentifikasi keadaan internal dan proses penting dalam mencapai masing-masing tipe belajar. Keadaan itu adalah kondisi belajar internal . Akan tetapi, kondisi untuk mendapatkan keterampilan baru atau kapabilitas baru ini tidak semua ada dalam pemelajar, yang juga penting adalah stimuli dalam lingkungan yang berinteraksi dengan pemrosesan internal pemelajar. Dukungan lingkungan ini disebut sebagai kondisi belajar eksternal . Kegiatan pembelajaran (kondisi eksternal ) berinteraksi dengan kondisi internal untuk melahirkan pencapaian tipe kapabilitas tertentu.
Referensi :
Margaret E. Gredler. Learning and Instruction.Jakarta:Kencana, 2011. Edisi Keenam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar