Elemen
Dasar
|
Definisi
|
Asumsi
Perkembangan
Kognitif
Hasil
Perkembangan Kognitif
Komponen
Perkembangan Kognitif
Isu
Utama Dalam Desain Pembelajaran
Kelemahan
|
Kecerdasan,
seperti system biologis, mengkonstruksi struktur yang dibutuhkannya untuk
berfungsi
Pertumbuhan
pemikiran logis dari bayi hingga dewasa
Konstruksi
struktur baru dari struktur sebelumnya ( yakni skema tndakan, operasi konkret, dan formal)
Asimilasi
dan akomodasi, diatur oleh penyeimbangan
Pengalaman
fisik dan pengalaman logika matematika
Menjaga
relasi timbale balik antara anak dan pendidikan; menghindari pengajaran
langsung dan koreksi “kekeliruan” anak.
Analisis Teori
Memahami
istilah dan definisi dasar adalah sulit
Kurikulum
Piagetan sulit diimplementasikan dan dipertahankan
Perspektifnya
mengesampingkan relasi antara
pemikiran logis dan belajar dasar, seperti membaca
|
Fokus teori Piaget adalah pengembangan pemikiran logis; karenanya, ia tidak memasukkan pedoman khusus untuk pembelajaran. Akan tetapi, pedoman umum untuk pembelajaran berguna membantu siswa berfikir dapat didasarkan pada teorinya. Peran guru dalah mengorganisasikan dan menciptakan situasi yang memberikan masalah yang bermakna dan mengajukan peranyaan yang mendalam yang akan membangkitkan peikiran anak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar