Minggu, 19 Januari 2014

Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget

Ringkasan Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget


Elemen Dasar
Definisi
Asumsi



Perkembangan Kognitif


Hasil Perkembangan Kognitif



Komponen Perkembangan Kognitif




Isu Utama Dalam Desain Pembelajaran





Kelemahan
Kecerdasan, seperti system biologis, mengkonstruksi struktur yang dibutuhkannya untuk berfungsi

Pertumbuhan pemikiran logis dari bayi hingga dewasa

Konstruksi struktur baru dari struktur sebelumnya ( yakni skema tndakan, operasi  konkret, dan formal)

Asimilasi dan akomodasi, diatur oleh penyeimbangan
Pengalaman fisik dan pengalaman logika matematika

Menjaga relasi timbale balik antara anak dan pendidikan; menghindari pengajaran langsung dan koreksi “kekeliruan” anak.

Analisis Teori

Memahami istilah dan definisi dasar adalah sulit

Kurikulum Piagetan sulit diimplementasikan dan dipertahankan
Perspektifnya  mengesampingkan relasi antara pemikiran logis dan belajar dasar, seperti membaca





Fokus teori Piaget adalah pengembangan pemikiran logis; karenanya, ia tidak memasukkan pedoman khusus untuk pembelajaran. Akan tetapi, pedoman umum untuk pembelajaran berguna membantu siswa berfikir dapat didasarkan pada teorinya. Peran guru dalah mengorganisasikan dan menciptakan situasi yang memberikan masalah yang bermakna dan mengajukan peranyaan yang mendalam yang akan membangkitkan peikiran anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar